BLOG
A.PENGERTIAN
Blog adalah salah
satu jenis website yang
berisi konten artikel berupa opini, pengalaman, dan informasi
pengetahuan.
Blog biasanya bersifat dinamis yang kontennya perlu ditambah dan
di-update secara berkala. Bisa dikatakan, konten blog adalah nyawa yang
menentukan sukses atau tidaknya blog.
Sementara dari segi kepemilikannya, blog banyak dimiliki oleh
perseorangan. Namun, blog juga dimiliki oleh bisnis, perusahaan, dan lembaga
untuk promosi dan strategi pemasaran.
B.JENIS-JENIS BLOG
Berikut ini merupakan
beberapa jenis blog yang paling sering digunakan yang mencakup kebutuhan
personal hingga skala enterprise.
1.blog pribadi
Blog jenis ini dapat
dimanfaatkan oleh setiap orang untuk hanya sekedar memberikan informasi terbaru
berdasarkan pengalaman atau menambahkan kutipan dari narasumber terpercaya.
Selain itu, blog pribadi juga tidak terikat oleh aturan dan anda bebas untuk
mengekspresikan atau menuangkan buah pikiran anda dengan tepat.
2.blog bisnis
Kedua, jenis ini
cenderung mengarah pada pembuatan konten artikel yang mencakup pemasaran
digital atau biasa disebut dengan content marketing. Jadi, anda dapat memanfaatkan teknik SEO
secara tepat untuk dapat menunjang kualitas konten serta mampu meningkatkan
posisi ranking halaman pada situs pencarian Google.
3.blog profesional
Dan yang terakhir, anda
juga dapat membangun blog untuk meningkatkan branding sesuai dengan kemampuan
dan skill anda. Cara ini terbukti cukup efektif, namun memiliki beberapa
batasan tertentu sebelum mempublikasikan konten artikel kepada pembaca.
Misalnya saja, anda
dapat membuat konten yang berhubungan dengan keahlian masing – masing individu.
Apabila memiliki hobi atau pekerjaan di bidang pengembangan website, maka dapat
mencoba dengan membuat artikel seputar proses teknis, tools dan tahapan development.
C.FUNGSI DARI BLOG
Setelah mengetahui
pengertian dan jenisnya, selanjutnya masuk pada pembahasan mengenai manfaat dan
fungsi dari pembuatan blog itu sendiri.
1.Meningkatkan Brand Awareness
Pertama, dengan
mengembangkan berbagai artikel melalui proses SEO writing yang tepat, maka anda
dapat meningkatkan brand awareness dari produk situs anda. Sehingga, anda mampu
mendapatkan dukungan trafik yang tinggi dan sesuai dengan kampanye bisnis atau
personal branding anda.
2.Sebagai
Sarana Media Publikasi
Kedua, berfungsi sebagai
media publikasi yang terbilang cukup efektif tanpa harus mengeluarkan biaya
yang mahal. Jenis publikasi ini cenderung mengutamakan terhadap peningkatan
pengunjung melalui metode organic search tanpa
harus memasang iklan maupun menggunakan teknik SEM (Search Engine Marketing).
3.Untuk Menampilkan Informasi Teraktual
Yang ketiga, mampu untuk
menampilkan informasi dan update berita terbaru secara cepat dan menjangkau
target user yang lebih luas. Yang mana, akan berkorelasi dengan peningkatan
kesadaran terhadap merek produk atau personal identity yang anda miliki.
D.CARA MEMBUAT BLOG
1.
Login ke Blogger.
2.
Di sebelah kiri, klik Panah bawah .
3.
Klik Blog baru.
4.
Masukkan nama blog.
5.
Klik Berikutnya.
6.
Pilih URL atau alamat blog.
7.
Klik Simpan.
Cara Kerja Blogger Terhadap Website
Secara
umum dan keseluruhan, cara kerja Bloggersangatlah mudah. Platform ini bekerja
sebagai media penerbitan tulisan secara online. Blogger dapat langsung diakses
menggunakan akun Google yang dimiliki penggunanya.
Komentar
Posting Komentar